Minggu, 11 September 2011

Tentang Kami


Merupakan pusat pendidikan lingkungan hidup dan budaya yang pertama di Sulawesi Tenggara. PUSLAM FOCIL - NS VALLEY yang merupakan inisiasi bersama antara Dewan Manajemen FOCIL Indonesia dan pimpinan Bank Indonesia wilayah Sulawesi Tenggara didirikan untuk mewadahi minat dan memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Kendari dan Sulawesi Tenggata pada umumnya tentang harmonisasi kehidupan dan perlindungan fungsi, nilai dan jasa sumberdaya alam dan lingkungan.

Program dan kegiatan PUSLAM FOCIL - NS VALLEY disusun secara terpadu dimana peserta selain dapat belajar secara langsung mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan lingkungan hidup, juga sekaligus dapat menikmati dan menyatu dengan suasana alam yang ada di PUSLAM FOCIL - NS VALLEY.

Sebagai institusi pendidikan non-formal, PUSLAM FOCIL - NS VALLEY menjalankan seluruh program dan kegiatan menjadi sebuah proses pembelajaran yang dilakukan secara terbuka, santai dan serius. Program kami adalah gabungan antara studi, rekreasi dan wisata dan diharapkan dapat menggugah kesadaran peserta akan pentingnya memelihara dan melestarikan lingkungan dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

MISI

  1. Mendorong dan mengajak generasi muda dan masyarakat pada umumnya untuk lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan dan budaya lokalnya ;
  2. Membentuk dan melipatgandakan modal sosial generasi muda dan masyarakat pada umumnya untuk pemberdayaan komunitas sekitar.

VISI

“Menjadi destinasi pendidikan alternatif dan komplementer yang kredibel dalam mewujudkan generasi muda dan masyarakat pada umumnya untuk mencapai kemandirian sosial dan ekonomi berbasis kepedulian terhadap lingkungan hidup dan warisan budaya”

NILAI-NILAI STRATEGIS

  1. Peduli lingkungan hidup (pro environment)
  2. Profesional
  3. Integritas
  4. Costumer/Client Focus

STRATEGI

  1. Dalam mendukung ketercapaian misi Puslam Focil-NS Valley, beberapa strategi yang dikembangkan yaitu sebagai berikut :
  2. Menyediakan kesempatan belajar dan berkarya kepada individu dan kelompok-kelompok generasi muda untuk memahami isu dan permasalahan lingkungan hidup global, regional dan lokal melalui beberapa program kegiatan yang ditawarkan ;
  3. Menyediakan kesempatan belajar dan berkarya kepada individu dan kelompok-kelompok generasi muda dalam bidang kesenian dan kebudayaan daerah / lokal ;
  4. Menyebarluaskan informasi lingkungan dan budaya lokal kepada kelompok sasaran yang lebih luas melalui blog, bulletin, poster, buku, film, siaran radio, dan sebagainya ;
  5. Mencakupkan muatan lingkungan dan budaya lokal kedalam kurikulum pendidikan formal (TK - SMA )
  6. Menyediakan / menunjukkan contoh konkret yang bisa dilakukan oleh individu ataupun berkelompok untuk memperbaiki permasalahan lingkungan, mencegah terkikisnya lokal wisdow, dan memfasilitasi terbentuknya wirausahawan-wirausahawan sosial muda yang mandiri dan inspiratif dalam hal pengelolaan SDA dan lingkungan.

MITRA

  1. LSM Pendidikan, Lingkungan, dan Kebudayaan
  2. Jaringan Guru Hijau
  3. Sekolah Dasar dan Menengah se Kota Kendari
  4. Lembaga Adat Tolaki Sulawesi Tenggara
  5. Taman Budaya Sulawesi Tenggara
  6. Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Prov. Sultra
  7. Pemerintah Kota Kendari dan Provinsi Sultra
  8. Media
  9. Universitas Haluoleo Kendari
  10. Universitas Muhammadiyah Kendari
  11. Masyarakat Perbankan Sulawesi Tenggara
  12. Masyarakat Dunia Usaha Kendari

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Sahabat Pustaka Alam

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles